Friday, 16 December 2016

RESEP MEMBUAT KUE LAPIS BERAS PELANGI


Resep Kue Lapis

Resep membuat kue lapis beras : Kue basah dari olahan tepung beras campur tepung kanji ini adalah kue tradisional manis legit yang mempunyai ciri khas tampilan yang berlapis-lapis. Kue ini dibikin berlapis karena ingin memberikan variasi warna dalam setiap lapisannya, bahkan dapat berwarna rainbow pelangi sehingga memiliki tampilan yang lebih menarik.

Kue lapis beras masih menjadi bagian dari kue jajanan pasar tradisional populer. Sebenarnya selain warna, adonan kue lapis juga bisa kreasikan dengan rasa yang berbeda dalam setiap lapisannya, seperti pandan, coklat, susu, atau lebih praktisnya memakai pasta.

RESEP KUE LAPIS

  • 500 gram tepung beras
  • 150 gram tepung kanji/tapioka/aci
  • 500 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 bungkus (130 ml) santan instan
  • 2,4 liter air
  • Pasta atau pewarna kue sesuai selera
Cara Membuat Kue Lapis

CARA MEMBUAT KUE LAPIS

  1. Campurkan santan dengan air, aduk rata dalam panci kemudian didihkan sambil terus diaduk, matikan api dan biarkan hangat.
  2. Dalam sebuah wadah, campur dan aduk rata tepung beras, tepung kanji, gula pasir, dan garam. Berikutnya tuangkan santan tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan rata. Pisahkan adonan menjadi 4 bagian, 3 untuk diberi warna sedangkan 1 biarkan putih, atau beberapa bagian sesuai warna yang diinginkan.
  3. Panaskan kukusan dan jangan lupa alasi tutup panci dengan kain serbet agar uap air tidak menetes. Olesi tipis loyang dengan minyak, setelah kukusan panas lalu letakkan loyang ke dalam kukusan.
  4. Gunakan cangkir kecil untuk menuang adonan setiap lapisnya, atau sesuaikan saja dengan ketebalan yang diinginkan. Setelah menuangkan adonan untuk lapisan pertama, tutup kukusan dan tunggu hingga 7 menit, kemudian lanjutkan membuat lapis demi lapis berikutnya dengan cara dan waktu yang sama hingga adonan habis.
  5. Setelah selesai, tahap terakhir adalah pengukusan selama 30 menit atau hingga matang, lalu biarkan dingin dan keluarkan dari cetakan, serta dipotong-potong untuk disajikan.

No comments:

Post a Comment