Friday, 16 December 2016

RESEP BOLU KUKUS MEKAR DIJAMIN LEMBUT MEREKAH


Resep Bolu Kukus Mekar
Resep Bolu Kukus Mekar Lembut - Banyak request bagaimana membuat bolu kukus mekar pelangi empuk dan lembut seperti kapas agar merekah sempurna yang dijamin anti gagal. Coba deh cara mudah membuat bolu kukus yang enak pakai sprite atau air soda, dengan bahan adonan kue sederhana tanpa santan kali ini.

Bolu kukus mekar merupakan aneka kue basah favorit semua usia karena teksturmya yang padat namun super lembut. Termasuk jajanan pasar, juga banyak dijual di toko kue atau titip untuk jualan di warung, maupun suguhan acara arisan dan hajatan. Bentuknya yang mekar seperti bunga atau ketawa ngakak jika dilihat dari samping, serta warna-warni tampilannya semakin memikat selera.

Bolu Kukus Mekar Pelangi
Takaran adonan resep untuk membuat 40 buah kue bolu kukus mekar semuanya, dengan 6 butir telur menyebabkan teksturnya menjadi kian halus dan lembut serta rasanya sangat enak dan lezat. Hasilnya 40 buah bolkus mekar ternyata ludes hanya sekejap, padahal tadinya dikira sudah cukup banyak.

RESEP BOLU KUKUS MEKAR

  • 500 gram tepung terigu protein sedang/segitiga biru
  • 500 gram gula pasir
  • 6 butir telur ayam
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdm emulsifier/ovalet
  • ½ sdt garam
  • 300 ml air soda/sprite yang fresh
  • pasta stroberi (pink), pasta pandan (hijau), pasta anggur (ungu) dan pewarna kuning atau sesuai selera saja
Cara Membuat Bolu Kukus Mekar

CARA MEMBUAT BOLU KUKUS MEKAR

  1. Kocok telur dan gula pasir pakai mixer speed tinggi hingga berbusa dan tercamupr rata, masukkan ovalet, vanili dan garam, kocok terus hingga mengembang. Masukkan tepung terigu bergantian dengan air soda secara bertahap atau sedikit demi sedikit, sambil terus dikocok hingga putih pucat dan mengembang serta berjejak, matikan mixer.
  2. Bagi jadi 5 bagian adonan sama rata atau sesuai keinginan, satu bagian biarkan berwarna putih, sedangkan sisanya masing-masing beri pasta dengan pilihan aneka rasa yang disukai, atau pakai pewarna kue saja sesuai selera.
  3. Panaskan kukusan dengan air secukupnya di atas api sedang, sedangkan penutup kukusan dialasi kain serbet dan ikat agar air tidak menetes dan merusak kue saat mengukus.
  4. Sambil menunggu kukusan panas, tuang adonan dalam cetakan bolu kukus berlubang yang sebelumnya dilapisi kertas kue. Tuang adonan secara berurutan sesuai warna yang diinginkan, tidak usah terlalu penuh atau sisakan sedikit supaya tidak beresiko tumpah.
  5. Setelah kukusan benar-benar panas (air benar-benar mendidih dan sampai uapnya ngebul), tata cetakan dalam kukusan, tutup dan kukus selama 25 menit. Lanjutkan menuangkan adonan ke dalam cetakan-cetakan berikutnya, dengan bermacam kreasi urutan warna lainnya. Jika jumlah cetakan terbatas, bisa menunggu hingga bolu kukus matang serta keluarkan kuenya dari cetakan.

No comments:

Post a Comment